Tips Mudah Mengatasi Smartphone Android Lemot

Tips Mudah Mengatasi Smartphone Android Lemot РSmartphone yang lambat sering membuat kita bosan, terutama jika Anda sering menggunakan smartphone untuk membuat bekerja di dunia nyata lebih mudah. Jika kinerja smartphone terus menurun, aktivitas Anda dengan smartphone tentu saja akan terhambat.  Masalah lambat tidak hanya terjadi pada smartphone kelas bawah, tetapi masalah ini juga dapat terjadi pada smartphone yang sudah memiliki spesifikasi yang memenuhi syarat.

Namun jangan khawatir, karena kali ini kami akan memberikan beberapa tips menangani ponsel Android yang lambat. Dengan mengikuti metode ini, smartphone dapat bekerja kembali dengan cepat dan optimal. Anda juga tidak akan bosan. Dalam hal ini kami menggunakan ponsel Xiaomi, jika Anda menggunakan smartphone Android lainnya seperti Oppo, Samsung, Vivo atau lainnya. Harap sesuaikan, karena metode ini dapat digunakan di semua merek ponsel cerdas, asalkan ponsel cerdas Anda menggunakan sistem operasi Android.

Tips Mudah Mengatasi Smartphone Android Lemot

Tips Mudah Mengatasi Smartphone Yang Lemot

Simak informasi selengkapnya mengenai cara mengatasi smartphone Android lemot dengan mudah di bawah ini.

1. Temukan masalah dengan aplikasi Trepn Profiler

Langkah pertama adalah mencari masalah yang dapat memperlambat ponsel Anda. Jangan khawatir, karena Anda tidak perlu mencari masalah secara manual. Anda dapat menggunakan aplikasi Trepn Profiler untuk menemukannya. Aplikasi Qualcomm ini dapat menampilkan prosesor grafis, prosesor, RAM dan beberapa sumber daya lainnya secara real time. Anda dapat mengetahui aplikasi mana yang menghabiskan banyak sumber daya ponsel cerdas. Tidak hanya itu, melalui aplikasi ini Anda juga dapat melihat gambaran umum jaringan data seluler, WiFi, dan lainnya. Setelah mendapatkan uraian singkat tentang masalahnya, lanjutkan ke metode berikutnya.

2. Bersihkan cache dan data aplikasi

Seiring waktu, aplikasi yang Anda instal di smartpone akan menghasilkan file cache. Misalnya, di aplikasi browser Google Chrome, aplikasi ini menyimpan file cache yang digunakan untuk mempercepat browser saat membuka situs web yang Anda kunjungi. Ketika Anda membuka kembali situs yang telah Anda buka, situs akan memuat lebih cepat berkat file cache yang disimpan oleh browser. Tetapi masalahnya adalah bahwa semua cache tidak diperlukan. Misalnya, ketika Anda mengunjungi situs tertentu browser Anda menyimpan file cache hingga Anda menghapusnya.

Demikian pula dengan banyaknya situs yang Anda kunjungi. Jika Anda membukanya secara teratur, file tersebut akan membantu Anda mempercepatnya. Namun, apa yang terjadi jika Anda hanya membukanya sekali saja, tentu saja file tersebut akan menjadi beban. Cara menghapus yang apaling sederhana, disini Anda tidak perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga karena Anda bisa menghapusnya melalui pengaturan smartphone. Begini caranya :

  • Buka Pengaturan> Penyimpanan> Pembersih setelah memilih Bersihkan.
  • Jika ponsel cerdas Anda tidak memiliki fungsi pembersihan otomatis, Anda dapat menggunakan metode manual.
  • Cara membuka menu Pengaturan> Aplikasi Aplikasi dan temukan aplikasi yang paling sering Anda gunakan.
  • Sebagai contoh di sini, saya memilih aplikasi Facebook, lalu pilih opsi Hapus data.
  • Jika Anda tidak ingin rumit, gunakan aplikasi pembuangan sampah.
  • Ulangi metode ini untuk menghapus cache aplikasi lain.

Harap dicatat bahwa metode ini dapat menghapus data Anda. Misalnya, jika Anda menghapus data dari aplikasi Facebook, Anda akan keluar dan nanti harus masuk lagi.

3. Tutup aplikasi untuk membebaskan RAM

Anda harus membuka beberapa aplikasi secara langsung atau dalam multitasking untuk memfasilitasi perpindahan antar aplikasi. Ya, itu sebenarnya dapat mempercepat dan menyederhanakan ponsel cerdas anda, tetapi juga berdampak pada kinerja ponsel cerdas. Karena untuk menjalankan banyak aplikasi sekaligus, itu membutuhkan banyak RAM. Meskipun aplikasi ini dapat ditutup dengan mudah, cukup geser ke samping atau ke atas. Tapi itu tidak bisa dipungkiri, masih banyak pengguna Android yang tidak mengerti bagaimana caranya. Jika Anda belum tahu, begini caranya:

  • Pilih tombol Multitasking atau Aplikasi Terkini.
  • Untuk menutupnya, cukup seret aplikasi satu per satu.
  • Jika Anda menggunakan Xiaomi geser ke atas, beberapa ponsel cerdas menutupnya ke kiri atau ke kanan.
  • Untuk melakukan ini, Anda juga dapat menggunakan Pengaturan> Aplikasi yang Dipasang dan pilih aplikasi yang ingin Anda tutup atau tutup.
  • Terakhir pilih Force Stop

Itulah beberapa tips untuk mengatasi smartphone anda yang sudah lambat. Semoga info kami kali ini bisa memberikan anda manfaat yang banyak, terima kasih.

Tips Mudah Mengatasi Smartphone Android Lemot

5.0